Go to Top
  • No products in the cart.

Membuat UV map di ZBrush

Pada artikel ini, saya  ingin sharing membuat UV Map di dalam ZBrush. Ada pertanyaan di forum zbrushindonesia bagaimana bila Object atau model yang dibuat di ZBrush setelah di Polypaint ingin di import di keyshot renderer tetapi hasil polypaint dari ZBrush ingin tetap ada di keyshot.

Pada ZBrush 4R7, sangat mudah dilakukan menggunakan Keyshot Bridge dengan cara mengakses menu Render > External Renderer > Keyshot. Tekan tombol Keyshot untuk mengaktifkan dan memilih opsi Group by Materials agar hasil polypaint maupun texture akan ikut disertakan ketika di render di Keyshot. Dengan mengaktifkan Keyshot Bridge, berarti ZBrush memberitahu kepada BPR render, bahwa ketika melakukan render akan me-render menggunakan Keyshot.

Bagaimana bila anda menggunakan ZBrush 4R7, tapi tidak membeli Keyshot Bridge?

Caranya adalah anda harus meng export model anda sebagai OBJ file dan jangan lupa untuk mengaplikasikan UV Map di ZBrush. Ok mari kita langsung ke step-by-step nya aja:

Saya menggunakan Tool Demo head yang terdapat di bawaan ZBrush dan melakukan polypaint sederhana sbb:

demo-polypainted

Step-01:
Gunakan UV Master plugin yang dapat di akses melalui ZPlugin > UV Master, kemudian tekan Work On Clone.

WorkOnClone3

Step-02
Clone Head akan muncul di kanvas. Mari kita test dengan menggunakan tombol Unwrap.

Test-unwrap

Step-03
Tekan tombol Flatten untuk melihat hasil dari Unwrap tersebut. Bila dilihat hasil dari unwrap masih tidak seperti yang diharapkan dimana umumnya hasil unwrap seharusnya dapat di interpretasikan oleh mata manusia, dalam kasus ini kita mengharapkan dapat melihat bagian mata hidung mulut dan telinga, sehingga dapat  di edit atau manipulasi dengan mudah menggunakan aplikasi atau program editing gambar seperti photoshop, gimp dan lainnya. Tekan tombol Unflatten untuk mengembalikan kebentuk semula.

unflatten-test

Step-04
Agar dapat menghasilkan unwrap yang diharapkan, maka akan saya beritahu ZBrush bahwa saya menginginkan bagian depan wajah terlihat utuh sewaktu di unwrap dengan cara menekan tombol “Enable Control Painting” dan “Protect”.
Kemudian brush bagian depan dari Clone model tersebut.

paint-protect-front8

Step-05
Tentunya pada model tersebut harus terdapat ‘Seams’ atau garis dimana terdapat sambungan. Dengan begitu, saya akan memberitahukan ZBrush dimana letak ‘Seams’ yang saya harapkan dengan cara  menekan tombol “Attract” dan menggambar pada bagian belakang kepala.

paint-attract-back9

Step-06
Saya coba ulangi step 2 & 3, Unwrap dan Flatten, hasilnya seperti yang diharapkan dimana kita bisa melihat ada mata, telinga, mulut dsb. Tekan tombol Unflatten untuk mengembalikan ke model semula.

unwraped-flatten-work11

Step-07
Berikutnya kita akan meng-copy UV dari Clone head tersebut dan meng-Paste ke model hi-res.

copy-paste-UV

Step-08
Selanjutnya, pada Shelf kanan Tool dibagian bawah temukan Texture Map, klik Create untuk memperlihatkan opsi menu lainnya. Klik “New From Polypaint” dan akan terlihat Map yang dibuat dari polypaint tersebut. Satu langkah lagi yaitu dengan meng-klik “clone Txtr”, ini akan membawa texture ke Texture Slot pada bagian kiri Shelf. Dari sini anda dapat meng-ekspor Texture menjadi file seperti Psd, Jpg, Png, BMP,  TIF, dan dapat dimanipulasi di program editing gambar.

New-from-Polypaint-and-clonetxt

Export-texture-for-other-apps16

Step-09
Langkah terakhir adalah meng-ekspor Tool model head tersebut kedalam format OBJ. ZBrush secara bawaan akan mengekspor juga *.mtl dan *.BMP. Setelah itu dari Keyshot anda hanya perlu meng-import model OBJ tersebut.

Export-tool-as-OBJ17

Import-to-Keyshot18

Kiranya artikel sederhana ini dapat membantu, dan bila ada kesalahan atau yang terlewat, mohon di informasikan dan silahakan email atau posting di forum bila ada masukan-masukan lainnya.

Terima kasih & Happy ZBrushing!

, ,