Go to Top
  • No products in the cart.

Sculpting Update

robot

Sculpting Updates

Selain DynaMesh, ZBrush memiliki toolset luar biasa, fungsi dan juga fitur-fiturnya. Termasuk diantaranya adalah Cruve mode yand bisa digunakan dengan tipe Stroke manapun, Clay Polish topology modifier dan beberapa preset brush sculpting yang baru. Ketika dikombinaskan dengan fitur ZBrus yang sudah ada, semuanya akan memberikan anda alat untuk membuat kreatifitas yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.

Curve Mode

Curve mode lizardditambahkan di palette Stroke, ini memungkinkan anda untuk mengaplikasikan parameter dan juga modifier kurva ini pada Brush stroke. Kurva ini dapat digambar keluar dari permukaan yang sedang anda sculpt. Misalnya membuat tanduk, lengan tangan, jari tangan dan lainnya.

Untuk menggunakannya, aktifkan tombol mode Curve yang terletak pada pallete Stroke. Gambar garis anda pada model. Kemudian klik pada Kurva yang baru anda gambar — brush pilihan anda akan diaplikasikan disepanjang kurva. Curve mode ini bahkan memiliki parameter untuk mengganti intensitas dan ukuran stroke disepanjang kurva-nya!

brush-monsterKarena dinamik, kurvanya bisa disesuaikan bahkan setelah gambar awal dilakukan sehingga anda dapat meletakan stroke lebih akurat pada model anda. Curve Mode ini juga memiliki bisa merubah PolyPaint, masking, geometry atau detil sculpt anda pada prose sedang bekerja. Tool ini memberikan kebebasan untuk melakukan detil dan juga menggabungkan brush yang berbeda pada kurva tersebut.

Dengan Curve mode, anda dapat dengan mudah membuat pattern (pola) pada permukaan seperti memilih alpha pada brush. Anda bahkan bisa menarik geometry disepanjang kurva, misalnya menggunakan Brush Mesh insert. Dengan menggunakan Curve mode dan DynaMesh anda dapat membuat model dari yang sederhana hingga yang sangat komplek dengan beberapa klik mouse.

Clay Polish

Marco_Splash_2Hanya dengan satu klik tool ini mengaplikasikan perubahan topologi pada model anda degngan menajamkan bagian tepi-nya. Tool ini dapat menghasilkan permukaan yang rapih diantara dua sudut ujung yang tajam. Dengan merubah parameter Clay Polish, anda dapat merubah hasil secara drastis.

Contohnya, tool ini dapat menghasilkan sebuah model clay yang kelihatan seperti menyatu, seolah-olah dua bagian objek dilekatkan.

Clay Polish dapat dikombinasikan dengan DynaMesh. Dengan ini Artis akan merasa seperti menggunakan tradisional clay sculpting di dalam ZBrush, bahkan merasa seperti menambahkan strip clay pada permukaan!

3D Brush Baru

Beberapa brush baru juga telah ditambahkan. Kebanyakan brush ini merupakan variasi dari brush yang sudah anda ketahui dan
sukai, dikombinasikan dengan fitur-fitur baru sehingga dapat mengeksplorasi kreatifitas baru. Sekarang ada brush yang secara langsung bisa menambahkan hidung atau kurping pada model anda atau menggunakan CurveMesh brush yang baru untuk menggambar garis geometry.

Selain brush yang sudah dibahas diatas, ada SliceCurve brush. Brush ini bisa mengiris model anda pd saat yang sama menambah permukaan disepanjang irisan dan juga memberikan dua polygroup yang berbeda. Ketika digunakan dengan DynaMesh dan opsi Group, SliceCurve akan menghasilkan model yang terpisah, siap untuk dimanipulasi.

Brush lainnya sebagai bonus, telah ditambahkan untuk memberikan cara baru merubah model anda lebih cepat. Curve Fill Brush bekerja dengan cara menggambar sebuah kurva dan dengan melepaskan kursor mouse, stroke kurva berubah menjadi bentuk tertutup. Mesh baru ini siap untuk di sculpt bahkan melanjutkan memberikan detil setelah kurva digambar. Juga terdapat Curve Lath brush yang memberikan bentuk mesh dengan cara menggambar Kurva dan memutar (revolution). Cara ini dengan cepat dapat membuat bentuk dasar dalam hitungan detik.