Go to Top
  • No products in the cart.

Featured Interview : Chris Vian


chris
Halo, perkenalkan dong, namanya siapa Kak?
Nama saya Chris Vian, profesi saya saat ini adalah 3D modeler

Kesibukannya sekarang apa?
Saat ini bekerja di studio game Tinker di Bandung sebagai Creature dan Environment modeler.

Bisa ceritakan latar belakang Kak Chris pertama kali mengenal industri 3D?
Pertama belajar di tahun 2008. Benar-benar di industri ini di tahun 2009. Kira-kira sudah 6 tahunan.

Dulu saya senang sekali bermain video game, entah itu ke warnet atau ke rental-rental tempat bermain video game.

Salah satu yang bikin saya sangat tertarik sekali dalam dunia CG waktu itu dikarenakan menonton salah satu opening intro adegan mobil balap. Waktu itu saya tidak mengerti sama sekali alur cerita di dalamnya, hanya sebatas mengagumi visual nya saja. Dari situ saya berfikir “alangkah kerennya yah kalau saya bisa bikin ini sendiri”.

Dan dari situ saya mulai start belajar tentang 3D dan pelan-pelan mulai untuk bikin entah itu model atau animasi-animasi sederhana. Sejak saat itu saya selalu explore beberapa software 3D secara autodidak dan kakak saya selalu mensuport saya dengan membelikan buku buku referensi tentang 3D.

Awal karirnya saya dimulai dengan membantu kakak saya untuk mengerjakan design foto-foto album untuk pernikahan, lalu setelah itu saya pindah jalur dengan dibukanya lowongan magang di Main Studio (disaat itu dikenal sebagai Main Games Studio pada tahun 2008). Disana saya belajar banyak tentang 3D dan Animasi.

08062015_Mockingjay_turntable

Selama kerja, pernah memegang jabatan apa saja di studio mana saja?
Saya bekerja pertama kali di Main Studio Jakarta sebagai generalist pada tahun 2008 hingga February 2015. Disana saya mengerjakan modeling, rigging, animation, lightning, dan rendering. Saya mengerjakan proyek-proyek seperti Hebring II, Hebring III, Hebring The Series, Dazu musical animation, Hebring adventure on Shoryudo, dan Sedo Dog series (MediaFreaks), Rentang waktu antara tahun 2009-2015.

Sekarang di Tinker Games Sebagai 3D Creature modeler, karena studionya di Bandung dan saya di Jakarta, saya bekerja secara remote.

Mengapa memilih karir di dunia 3D?
Seperti yang udah disebutkan, berawal dari video game. Tapi film animasi produksi PIXAR seperti Toy Story, dan A Bug’s Life dan Predator juga membantu membangun minat saya. Kalo games itu seperti Kaido Battle 2, Final Fantasy 8. Tapi yang paling utama semua karena Passion (hasrat) dan Hobby.

Bisa ceritakan salah satu pengalaman paling menyenangkan selama berkarir di bidang 3D?
Yang paling menyenangkan selama berkarir di bidang 3D adalah disaat orang yang melihat karya kita lalu termotivasi ikut berkarya.

Bisa ceritakan salah satu  pengalaman paling menyebalkan selama berkarir di bidang 3D?
Rendering… hahahah

11888015_10153547222333909_7473083069987484995_n

Kak Chris lebih condong kemana minatnya, game atau film?
Hmm… dua-dua nya. Hehehe, tapi kalau sekarang lagi suka game.

Bisa ceritakan kenapa sekarang condong ke 3D sculpting?
Dulu waktu belum kenal sculpting, saat merubah bentuk model A ke B itu memakan waktu sampe berhari-hari.

Sampai pada akhirnya mentor (Daniel Simon) ngenalin Zbrush. Sampe sekarang kecanduan deh. 3D modeling dan 3D sculpting punya teknik sendiri-sendiri, dimana kalau di 3D modeling saya harus memikirkan topology atau alurnya agar modelnya terlihat bagus.

Tapi kalau 3D sculpting saya gak perlu pusing untuk hal tersebut, jadi yah lebih bebas meng explore dengan 3D Sculpting.

demon2

Software pilihan untuk modeling dan sculpting?
Blender 3D dan Zbrush

Kenapa pake Zbrush?
Buat saya Zbrush itu powerful untuk sculpting tools, bisa bikin model sampai detail sekali, dan yang pasti bisa meng explore model secara bebas. Fitur-fitur nya bagus.

Kalo menurut Kak Chris  industri 3D yang lebih menjanjikan, itu kira-kira game atau film di indonesia?
Kalo untuk di Indonesia kedepannya kemungkinan di industri game.

blue2

Apakah ada industri lainnya dimana 3D bisa diaplikasikan?
Ada. Contohnya 3D Printing, Game development. dan Virtual reality

Coba ceritakan sejauh mana Kak Chris mengenal 3D printing?
Sepengetahuan saya 3D printing itu ialah suatu printer yang berfungsi untuk mencetak suatu object 3D menjadi bentuk nyata, dan bahan untuk cetaknya banyak. Biasanya digunakan untuk desain produk secara cepat (rapid prototyping). Kayak misalnya menggunakan ZBrush, tapi kan objeknya masih berbentuk virtual. 

Apa pendapat Kak Chris tentang prospek 3D printing ke depan?
Menurut saya prospeknya akan sangat baik sekali. Dan potensi untuk berkembangnya sangat besar. 

Contoh yang spesifik lagi ketika Anda sebagai produk designer. Dalam menciptakan suatu produk, anda akan mengetahui hasil akhir dari produk yang anda ciptakan (prototype). Dan kalau jaman dulu untuk melakukan hal ini memakan waktu yang sangat lama. Dengan 3D printing & ZBrush hal ini bisa dilakukan dengan cepat.

Industri apa saja yang bisa mengaplikasikan 3D printing?
Yang saya tahu untuk saat ini sudah banyak industri-industri yang mengaplikasikan 3D printing. Seperti industri film-film luar sudah pakai 3D printing. Untuk kedepannya saya rasa hampir semua bidang akan membutuhkan 3D printing.

Ada tips bagi mereka yang baru ingin memulai di dunia 3D?
Banyak-banyak bikin karya saja, jelek tak apa. Kan ada pepatah bilang “You don’t learn to walk by following rules. You learn by doing, and by falling over.”

Jadi yah terus bikin. Explore saja dulu mulai dari modeling, animation dan lainnya. Nanti dari situ baru tentuin suka dimana. Karena dunia 3D itu luas.

Profile Daniel Simon di ZBrushIndonesia.com :

http://zbrushindonesia.com/members/chrisv.404

, , , , , ,