Go to Top
  • No products in the cart.

Blog Full Width

Featured Interview : Daniel Simon (Bagian 1)

Bisa ceritain latar belakang Kak Daniel gimana sejarahnya bisa terjun ke industri 3D? Saya dulu sebenernya kuliah ga ada hubungannya sama 3D, waktu itu kampus saya di Binus, jurusan IT. Mulai kenal 3D itu dari tahun 2001. Kalo kenapanya,mungkin gara-gara main game ya, kan banyak cutscenes-cutscenes yang keren terus liat wow 3D ya, kok kesannya mewah gitu. Akhirnya ya tertarik, coba belajar gitu. Jadi Kak Daniel udah di industri ini selama 14 tahun, …Read More

5 Software (Gratis) Pelengkap ZBrush

ZBrush, walaupun sangat powerful sebagai software 3D graphic, lebih menspesialisaikan dirinya sebagai software digital sculpting dan juga berfungsi untuk melakukan detailing model 3D yang Anda buat, tidak berfungsi sebagai one-stop animation suite. Karena itu penggunaannya tidak dapat terlepas dari penggunaan software lain. Kecuali apabila Anda memang ingin mengkhususkan diri untuk menjadi spesialis digital sculptor. Berikut ini beberapa software yang bisa Anda dapatkan secara free dari internet, dan mereka dapat berfungsi …Read More

Era Digital Sculpting

“Computer Graphics” Istilah “CG” (atau Computer Graphic) diciptakan oleh William Fetter pada tahun 1960an untuk menjelaskan bidang pekerjaannya di Boeing. Grafik 3D sendiri telah diciptakan semenjak tahun 1970an, yang mana pada saat itu dua mahasiswa dari Universitas Utah, Fred Park dan Edwin Catmull bereksperimen menggunakan grafik 3D yang primitif, berupa garis-garis yang berbentuk tangan. Mereka menciptakan sebuah film pendek yang bernama “A Computer Animated Hand”. Grafis 3D menjadi sebuah ladang penelitian …Read More